sampul

sampul

Manfaat Buah Jambu Air

A. Manfaat Buah Jambu Air

Selamat datang di blog lintangsore, tempat sharing masalah berkebun, bercocok tanam, bertanam dan bertaman. Kali ini saya akan berbagi manfaat buah jambu air. Sama seperti namanya, buah jambu air ini memang memiliki kandungan air yang melimpah di setiap buahnya. Hal ini yang menjadikan ia begitu nikmat dan segar saat dimakan. Banyak yang menjadikan buah jambu air sebagai pelepas dahaga oleh karena efeknya yang memang membuat tubuh lebih fresh. Selain kandungan air yang melimpah, buah dengan warna cerah yang satu ini juga mengandung sejumlah senyawa yang bermanfaat untuk mengembalikan stamina tubuh. Hal ini kemudian menjadikan manfaat buah jambu air menjadi beragam bagi kesehatan pun kecantikan.

1). Kandungan Buah Jambu Air 

Manfaat Buah dan Daun Jambu AirSebelum mengurai apa saja manfaat buah jambu air, penting untuk mengetahu apa saja senyawa yang tersembunyi di balik kesegaran buah jambu air itu sendiri. Adapun senyawa yang menjadi penyusun buah kaya air tersebut antara lain protein, karbohidrat, kalsium, Fe atau zat besi, magnesium, potassium, zinc, copper, asam sitrat, fosfor, serat, vitamin C juga vitamin A, niacin, riboflavin, thiamin dan masih banyak lagi lainnya. Beragam kandungan buah jambu air ini yang membuat manfaatnya cukup kompleks juga bagi tubuh manusia. Kandungan air berlebih dan juga serat di dalam buah jambu air membuat ia juga sangat baik dalam melancarkan sistem pencernaan dan menjaganya agar tetap sehat.

2). Manfaat Buah Jambu Air

Buah Jambu Air King roseSeperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat buah jambu air bagi manusia cukup kompleks. Di antaranya sebagai pemasok vitamin A. Buah jambu air memang kaya akan vitamin A. Dengan fakta ini, tidak mengherankan jika banyak yang mengatakan bahwa buah jambu air bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang pada masa kehamilan memang membutuhkan bantuan pasokan vitamin A yang jauh lebih banyak dibanding saat ia dalam kondisi tidak hamil.

Manfaat lain buah jambu air adalah sebagai pemasuk vitamin C bagi tubuh. Vitamin C sudah lama diketahui sebagai salah satu komponen yang menjaga kesehatan kulit, meningkatkan anti-body sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit dan membuat organ tubuh lebih fresh. Dengan demikian, mengkonsumsi jambu air secara teratur akan membuat Anda mendapatkan semua efek terbaik si Vitamin C ini. Selain membuat kulit lebih cantik, kandungan di dalam buah jambu air juga kabarnya bisa meredakan efek samping dari stress seperti keriput di bawah mata dan lain-lainnya.

Manfaat buah jambu air lainnya adalah sebagai komponen diuretic atau merangsang pembuangan air seni atau melancarkan buang air seni. Hal ini tentu baik bagi kandung kemih Anda. Bagi sebagian orang, jambu air juga sangat bermanfaat dalam meredakan bengkak pada kulit kaki maupun tangan. Caranya cukup mudah dengan melumatkan daging buah jambu air dan diaplikasikan pada bengkak. Efek dinginnya membuat kulit lebih rileks dan pulih lebih cepat.

Boleh jadi beberapa orang tidak tahu manfaat buah Jambu Air yang lain kecuali hanya untuk pendukung rujak. Buah Jambu Air tidak sedikit memiliki kandungan vitamin yang bisa berperan dalam membuat cantik kulit. Buah Jambu Air pun sangat baik bila dimakan wanita hamil, sebab wanita yang sedang mengandung memerlukan tambahan masukan vitamin A, dengan melahap 1 kilo jambu air tiap hari maka bisa memenuhi kebutuhan vitamin A selama hamil.
manfaat buah jambu air merah,jambu biji untuk ibu hamil,buah jambu batu,khasiat buah jambu air,

buah jambu air madu deliBuah Jambu air pun mempunyai konsentrasi vitamin C yang mendekati konsentrasi dalam Jeruk Mandarin. Di samping itu kadar vitamin A yang terdapat dalam buah jambu air ternyata lebih besar bila dibanding yang terdapat pada buah Apel. Kecuali bagus untuk perawatan kecantikan kulit, manfaat buah Jambu Air yang sarat dengan vitamin C pun bisa bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, memperbesar penyerapan zat besi dan meningkatkan kualitas sperma dengan menangkal senyawa radikal bebas yang bisa menghancurkan pembungkus sperma. Manfaat lain dari konsentrasi vitamin C dalam jambu air yakni bisa melindungi dan menjaga pembuluh kapiler sekaligus gigi dan gusi menjadi sehat.

Untuk vitamin A yang terdapat pada buah Jambu Air bisa bermanfaat dalam merawat mata agar tetap sehat. Vitamin A pun berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, hal tersebut dikarenakan vitamin A mampu memperbaiki kerja sel darah putih untuk antibodi dan antivirus.
Manfaat Jambu Air untuk ginjal pun ada, sebabnya buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa membantu proses metabolisme yang berlangsung dalam tubuh. Defisiensi air dalam tubuh bisa memberi pengaruh pada kerja organ utamanya kerja ginjal. Dalam organ ginjal, air penting untuk membersihkan ginjal dari partikel urea dan asam urine. Jika kedua endapan tersebut menumpuk dan tak bisa dibuang secara lancar, akibatnya akan memicu pembentukan batu ginjal. Bersama menyantap Jambu Air tiap hari maka akan ikut membantu mencukupi kebutuhan air yang dibutuhkan metabolisme tubuh.
Memperbaiki kerja pencernaan di dalam tubuh adalah manfaat lain mengkonsumsi Jambu Air. Hal itu dikarenakan buah ini memiliki kandungan serat yang banyak sehigga bisa memperlancar buang air besar dan bisa menghindarkan terjadinya perkembangan kanker usus. Dietary Fibre yang terdapat di dalamnya diantaranya adalah kalsium, protein, phospor, mangan, asam sitrat serta asam sulfur.
Demikian beragamnya manfaat buah Jambu Air untuk kesehatan tubuh dan buah ini pun bisa didapatkan secara mudah dengan harga murah. Cocok bila buah ini dikonsumsi tiap hari. Nah, anda tertarik menyantap buah jambu air yang sarat manfaat ini sebagai kebiasaan sehari-hari?

B. Manfaat Daun Jambu Air

Buah jambu air sudah lama dikenal sebagai buah yang nikmat disantap terutama saat kita sedang diserang dahaga. Kandungan airnya yang tinggi membuat buah yang satu ini menyandang nama “air” atau dalam bahasa inggris sering juga disebut water guava. Anda suka buah jambu air? Atau bahkan Anda sendiri punya pohon buah jambu air yang menghiasi pekarangan rumah? Tahukah Anda bahwa menanam pohon buah jambu air di halaman rumah akan membawa manfaat tersendiri bagi Anda? Sebab, selain buahnya yang bisa dikonsumsi, ternyata manfaat daun jambu air bagi kesehatan kita juga cukup nyata. Jadi menanam buah jambu air berarti Anda mendapatkan tanaman buah sekaligus tanaman obat.

1). Manfaat Daun Jambu Air Untuk Kesehatan 

manfaat daun jambu air Manfaat daun jambu air berkaitan erat dengan senyawa yang dikandungnya. Berdasarkan uji klinis yang dilakukan para ahli, diperoleh data ilmiah bahwa daun jambu biji mengandung antara lain steroid, saponin, dan juga senyawa fenolik. Saponin sendiri merupakan senyawa yang tidak bisa larut di dalam air. Ketiga senyawa inilah yang menjadikan daun jambu air memiliki sejumlah khasiat.

Sudah lama diketahui bahwa daun jambu air bisa menurunkan panas pada penderita demam khususnya pada anak-anak. Caranya cukup mudah yakni dengan mengambil beberapa helai daun jambu air yang diremas-remas kecil dan kemudian dimasukkan ke dalam wadah berisi air hangat. Daun yang telah direndam tersebut kemudian dibunakan untuk mengkompres si penderita demam.

Manfaat daun jambu air lainnya adalah untuk mengusir sendi yang keseleo, nengkak, masuk angin, luka pada kulit, patah tulang dan masih banyak lagi lainnya. Caranya cukup mudah yakni dengan diolah menjadi sehingga daun menjadi bahan untuk mengurut. Pertama ambillah daun jambu air yang segar dan kemudian remas-remas hingga halus. Kemudian daun yang telah diremas tersebut segera dibalurkan pada bagian tubuh yang dirasa sakit sambil diurut halus. Lakukan rutin maka keluhan Anda akan segera sirna.

2). Manfaat Daun Jambu Air Dalam Kehidupan Sehari-hari 

jambu air madu

jambu air mutiara


Selain manfaat daun jambu air yang disebutkan di atas, ternyata dalam kehidupan sehari-hari ia juga menempati perana yang penting. Apabila pekarangan Anda ditanami pohon jambu, maka secara tidak lanagsung Anda telah menciptakan filter debu alamiah. Bagian daun pada pepohonan memang mampi melindungi rumah dari sebuan debu, demikian halnya dengan daun jambu biji yang ukurannya cukup lebar. Manfaat daun jambu lainnya adalah sebagai bahan pembungkus penganan tradisional. Kebiasaan ini masih dijakankan di beberapa wilayah di Nusantara meskipun kini tengah marak kertas pembungkus makanan. Menggunakan daun jambu air sebagai pembungkus tentu merupakan pilihan cerdas. Selain hemat atau nir-biaya, kebiasaan ini (meski terkesan sederhana) tetapi juga bisa ikut mereduksi penggunaan kertas yang berujung pada penebangan pohon. Jadi, jangan remehkan manfaat daun jambu air ini.

Demikianlah artikel tentang manfaat buah dan daun jambu air. Kalau anda menemukan manfaat lainnya dari daun dan buah jambu air silahkan anda bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Jika tertarik silahkan anda baca juga artikel tentang : Cara menanam buah jambu air dan Cara agar buah jambu air cepat berbuah.

Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca, semoga ada manfaatnya.

Berlangganan update terbaru via email:

1 Response to "Manfaat Buah Jambu Air"