sampul

sampul

Cara Agar Cabe Berbuah Lebat

Cara Agar Cabe Berbuah Lebat | Selamat datang di Blog Lintangsore, tempat kita saling berbagi dan diskusi seputar tanaman dan pekarangan rumah. Kali ini saya akan membahas tentang resep rahasia yang sebentar lagi tidak akan menjadi sebuah rahasia karena anda sudah membacanya. Pada postingan sebelumnya saya sudah menuliskan tentang Cara Menanam Cabe Rawit Dalam Pot dan Cara Menanam Cabe Rawit Hidroponik
Untuk tulisan kali ini masih kelanjutan dari artikel sebelumnya, saya akan membagikan trik khusus, cara agar tanaman cabe berbuah lebat dan tumbuh sehat. Cara untuk membuat tanaman cabe anda berbuah lebat ini tidak terlepas dengan teknik penanaman cabe yang anda lakukan. Mungkin anda menanam cabe di halaman rumah, bisa juga anda menanamnya di dalam pot/polybag. Atau bahkan  anda telah mampu menerapkan cara menanam cabe secara hidroponik.
cara agar cabe berbuah lebatDari beberapa teknik di atas tentunya ada perlakuan berbeda yang harus diberikan pada tanaman anda tergantung dari jenis teknik dan media tanam yang digunakan.
Saya tidak akan detil membahas satu persatu perlakuan khusus terhadap beberapa teknik menanam cabe tersebut tetapi hanya akan memberikan trik secara umum yang berlaku pada semua teknik agar tanaman cabe anda bisa menghasilkan buah yang lebat.
Baik langsung saja kita bahas rahasianya untuk membuat tanaman cabe anda berbuah lebat.



Trik agar tanaman cabe berbuah lebat

Ada tiga faktor penting yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Asupan Air dan Nutrisi Tanaman Cabe
2. Perawatan pada tanaman Cabe
3. Mengatasi Hama dan Gulma pada tanaman Cabe
Mari kita bahas satu per satu untuk lebih detilnya.

1. Asupan air dan Nutrisi pada tanaman cabe.

cabe berbuah lebat
Terkadang ketika kita mendapati tanaman cabe kita telah tumbuh subur dan nampak bakal buahnya pekerjaan kita sudah selesai. Padahal asumsi itu keliru. Justru ketika tanaman cabe sudah mulai nampak berbuah kita harus memberikan perhatian ekstra terutama perihal asupan air dan nutrisinya. Seringnya permasalahan yang muncul seperti rontok bakal buah, layu cabang, dikarenakan asupan air yang kurang. Kemudian tentang asupan nutrisi pada tanaman cabe yang sedang mulai berbuah juga harus diperhatikan. Daripada pupuk kimia, saya menyarankan anda untuk memakai pupuk organik seperti kompos dari daun-daunan atau pupuk hasil olahan limbah rumah tangga.

2. Perawatan tanaman cabe

cara menanam cabe dalam potPerawatan tanaman di sini bisa berarti adalah memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan dan peertumbuhannya. Termasuk di dalamnya antara lain:
  1. - Memotong cabang-cabang tanaman yang layu dan mati
  2. - Memangkas dan membersihkan tanaman cabe dari daun-daun yang sudah kering atau daun mati yang biasanya ada pada pangkal batang
  3. - Memangkas tunas-tunas susulan. Mungkin ada rasa 'eman' atau sayang, tetapi perlu ditegaskan lagi bahwa fokus tujuan kita menanam cabe bukan untuk sekedar melihat rimbunnya daun/suburnya tanaman tetapi mendapatkan buah yang lebat dan rimbun.
  4. - Memberikan penopang/sangga untuk membantu tanaman cabe tetap berdiri tegak manakala perakarannya tidak terlalu kuat atau buahnya sudah terlihat membebani cabang dan batang tanaman cabe.

3. Mengatasi gulma dan hama pada tanaman cabe

Gulma atau tanaman pengganggu adalah tanaman liar yang ikut mengkonsumsi nutrisi dan zat hara tanah serta mengganggu pertumbuhan tanaman utama. Ada dua teknik yang biasanya dilakukan, yaitu menyemprotnya dengan pestisida kimia atau melakukan penyiangan secara manual. Saya menyarankan untuk melakukannya secara manual saja, karena selain murah dan tidak berdampak jelek pada kondisi tanah juga anda bisa lebih intensif dalam memperhatikan kondisi tanaman. Yang perlu diperhatikan dalam penyiangan adalah bahwa tidak semua gulma harus dibasmi. Ada beberapa gulma yang ternyata mempunyai manfaat mengendalikan hama secara hayati pada areal penanaman cabe. Cabut dan bersihkan tanaman-tanaman lain yang tumbuh hanya di sekitar perakaran dan tanaman cabe.
cabe rawit merah lebatJika ketiga metode yang saya sebutkan di atas anda terapkan dengan benar insya Allah panen cabe anda akan bisa mendapatkan h sil yang lebih maksimal dibanding sebelum-sebelumnya. Tetapi, sekali lagi saya tegaskan tidak ada satu metode paling jitu dan ampuh untuk diterapkan semua orang. Ada kalanya berhasil untuk si A tetapi berbeda haslnya saat diterapkan oleh si B. Maka dari itu proses trial and error perlu dilakukan berulang-ulang sampai menemukan formula yang paling pas untuk tanaman /lingkungan anda. Tak ada yang sempurna, tetapi selalu ada kemungkinan untuk membuatnya lebih baik. Maka, jangan ragu dan jangan lelah mencoba.

Demikian postingan tentang trik atau cara agar tanaman cabe bisa menghasilkan buah yang lebat

Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca artikel ini. Apresiasi, saran dan ide perbaikan jika memang ada sangat saya harapkan dari seluruh pembaca. Mohon dimanfaatkan kolom komentar di bawah postingan ini untuk berdiskusi tentang hal ini. Semoga sukses semuanya. Salam.

Berlangganan update terbaru via email:

3 Responses to "Cara Agar Cabe Berbuah Lebat"