sampul

sampul

7 Langkah Simpel Membuat Kompos Organik

Cara Membuat Kompos Organik | Selamat datang kembali di blog lintangsore.com. Apa kabar dengan tanaman-tanaman tercinta anda? Semoga baik-baik saja di sana ya. Kali ini untuk anda para penyayang tanaman, saya akan bagikan cara membuat pupuk kompos dari bahan-bahan organik, yaitu sampah-sampah rumah tangga dan daun-daun kering. Kita belajar membuat pupuk kompos yang simpel-simpel saja, tanpa bahan tambahan apapun seperti EM4 atau pemicu lainnya.
Baiklah, langsung saja ke step-step nya:

Cara membuat Kompos organik

Cara membuat pupuk kompos organik

Langkah 1: dalam membuat pupuk kompos organik adalah menyiapkan sampah sampah yang akan kita pakai dalam pembuatan pupuk kompos. Pilah pilih sampah sampah itu dan pisahkan antara sampah plastik dan sampah daun daun/ tanaman / organik.

Langkah 2: Siapkan wadah yang layak dan pantas untuk pembuatan pupuk kompos ini. Anda bisa menggunakan ember, tong, atau wadah lain yan dirasa cukup layak. Usahakan tempat yang anda sediakan mempunyai tutup sehingga nantinya bisa terhindar dari binatang lalat, tikus atau mungkin terkontaminasi air hujan.

Langkah 3: Ambil tanah secukupnya, kemudian letakkan sebagai alas di wadah yang tadi disiapkan. Kemudian siram dengan air.

Langkah 4: Masukkan sampah daun daun dan sampah limbah rumah tangga  ke dalam wadah di atas lapisan tanah tadi. Ratakan sampai kira kira ketebalannya sama dengan ketebalan tanah yang tadi dimasukkan.

Langkah 5: Tutup lapisan daun/sampah rumah tangga tadi menggunakan tanah lagi dan siram kembali dengan air.

Langkah 6: Tutup wadah sampah tadi menggunakan tutup yang sudah disediakan. Fungsi penutup ini untuk menghindarkan calon kompos tadi dari hujan dan lalat.

Langkah 7: Letakkan wadah tadi di tempat yang tidak terjangku anak-anak dan tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan wadah tersebut selama kurang lebih 3 minggu.

Demikian langkah-langkah sederhana dalam membuat pupuk kompos organik dari daun-daun dan sampah rumah tangga.
Untuk alternatif cara lain yang lebih komplit silahkan baca juga :

 cara membuat pupuk kompos sederhana

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga ada manfaat yang bisa diambil. Semoga pula cara di atas anda praktekkan dan bisa berhasil. Salam.

tags: 

cara membuat kompos sederhana, cara membuat kompos organik, cara membuat kompos cair, cara membuat kompos dari sampah rumah tangga, tata cara membuat kompos, cara membuat kompos sederhana dan cepat, cara membuat kompos sederhana di sekolah, cara membuat kompos sederhana dengan em4, cara membuat kompos sederhana dari sampah organik


Berlangganan update terbaru via email:

1 Response to "7 Langkah Simpel Membuat Kompos Organik"

  1. saya coba bikin pupuk kompos kok selalu gagal ya... masih saja bentuknya sampah, tidak berubah jadi pupuk. solusinya bagaimana?

    ReplyDelete