sampul

sampul

Cara Membuat MOL Sederhana

Cara Membuat MOL Sederhana | Selamat datang para pecinta tanaman di blog lintangsore.com. Pada postingan sebelumnya saya sudah bagikan tentang cara membuat pupuk organik cair dan cara membuat pupuk kompos sederhana.
Pada kedua proses pembuatan pupuk tersebut disarankan menggunakan starter bakteri untuk mengurai sampah menjadi pupuk kompos. Di toko pertanian sebenarnya dijual starter siap pakai seperti EM4 (effective microorganisme 4), tapi kali ini kita akan belajar cara membuat starter tersebut dengan pertimbangan kepuasan dan penghematan.
Starter/bakteri pemicu buatan sendiri ini biasa disebut dengan MOL (mikro organisme lokal). Bahan yang digunakan untuk membuat MOL sendiri bisa bermacam-macam, tergantung selera. bisa dari nasi, tape, sayuran, bonggol pisang ataupun keong. Namun, pada postingan kali ini kita hanya akan belajar cara membuat MOL yang bahannya paling mudah didapat, yaitu nasi.

Cara membuat MOL nasi

cara membuat mol sendiri

Dalam pembuatan MOL berbahan baku nasi ini, anda bisa menggunakan nasi baru ataupun nasi yang sudah basi. Saya sarankan nasi basi saja. Bukan apa-apa, tapi kalau nasi baru mendingan dicarikan ikan asin dan sambal oyek :)
Baiklah, cukup basa-basinya, kita menuju ke langkah-langkah membuat MOL/ starter dalam pengomposan:
- Siapkan nasi basi secukupnya dan bentuk menjadi bulatan-bulatan sebesar kepalan tangan bayi.
- tempatkan bulatan nasi tersebut di dalam wadah plastik/kaleng yang tertutup rapat.
- letakkan kaleng/wadah plastik tadi di tempat yang tidak terkena matahari langsung, diamkan kurang lebih 3 hari.
- setelah tiga hari silakan dicek. Akan tumbuh jamur berwarna kuning, jingga, dan abu-abu.
- Bola nasi yang sudah ditumbuhi jamur/cendawan kemudian masukkan ke dalam botol/wadah plastik.
- buat larutan campuran air dan gula (bisa juga menggunakan sirup). Perbandingannya kurang lebih 1 liter air dengan 4 sendok gula pasir.
- Tuang larutan air yang sudah dicampur gula tadi ke dalam botol/wadah yang berisi nasi jamuran. Jangan lupa ditutup rapat.
- Diamkan lagi campuran nasi dan larutan gula tersebut selama empat-enam hari. Jika berhasil, campuran nasi dan air gula tersebut akan berbau asem seperti tape.
- MOL sudah bisa digunakan sebagai starter untuk membuat kompos dengan dicampur air. Perbandingan MOL dengan air sebesar 1:5.
Demikianlah teknik/cara membuat MOL sederhana menggunakan bahan dasar nasi basi. Nasi basi yang sudah menjadi cairan MOL ini cukup bagus dalam membantu mempercepat proses pembusukan sampah. MOL dari bahan nasi basi ini mengandung mikro organisme yang terdiri dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar, mudah didapat tanpa harus mengeluarkan uang banyak.
Saya kira cukup, terima kasih sudah berkenan mampir dan membaca. Jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan, utamanya tentang teknik pembuatan bakteri pemicu/starter dan pembuatan pupuk kompos/ pupuk organik cair, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah postingan ini.
Semoga ada manfaat yang bisa didapat. Salam.

Tag: cara membuat mol sendiri, cara membuat mol sederhana, cara membuat mol nasi, cara membuat mol dari tape, cara membuat mol dari sayuran, cara membuat mol dari keong, membuat mol bonggol pisang, cara membuat pupuk organik.

Berlangganan update terbaru via email:

1 Response to "Cara Membuat MOL Sederhana"

  1. Mol nya apa bs di guna kan utk pupuk juga dan gmn cara nya dek?

    ReplyDelete