sampul

sampul

Cara Mengusir Cicak dari Rumah secara Alami

Tags:

cara mengusir cicak, cara mengusir cicak tanpa alat, cara mengusir cicak kecoa, cara membunuh cicak, cara mengusir semut, cara mengusir tikus, cara mengusir nyamuk

Cara mengusir cicak - Apa yang paling menyebalkan dari keberadaan cicak di rumah anda? Ya, benar.. kotorannya. Sudah bersusah payah menyapu lantai tiba-tiba mendapati kotoran lunak berwarna hitam putih di lantai, siapa yang tidak gemas? Hal lain yang tidak kalah menjengkelkan ketika makanan terutama nasi di meja makan dimakan cicak. Bikin ilfill banget.

Dalam postingan kali ini akan saya bagikan cara ampuh mengusir cicak dari rumah anda secara alami tanpa racun atau obat-obatan mematikan lainnya sehingga nantinya tidak ada lagi kotoran hitam putih di lantai anda atau makanan yang diicipi cicak. Selain alasan yang sudah saya sebutkan di awal, sepengetahuan saya membunuh cicak itu hukumnya sunah. Entah kebenarannya silakan anda cari literatur sendiri. Kalau tidak salah ini masih ada kaitannya dengan kisah Nabi Muhammad yang bersembunyi di gua menghindari kejaran kaum Quraisy yang ingin membunuhnya. Kisah selanjutnya silakan browsing sendiri.

Cara Mengusir Cicak secara Alami

Tapi apapun alasannya, jika anda merasa terganggu dengan keberadaan cicak di rumah anda maka berikut ini cara yang bisa diterapkan untuk mengusir cicak secara alami dan mudah.

Cara mengusir cicak secara Alami

Sebelum mengaplikasikan beberapa cara yang akan dibahas di bawah ini, ada baiknya anda ketahui penyebab cicak muncul di rumah anda.
Sesuai dengan pepatah "ada gula ada semut" maka berlaku pula "ada nyamuk maka ada cicak". Ya, makanan utama cicak adalah nyamuk dan serangga-serangga kecil lainnya yang kerap didapati berada di ruangan gelap atau kumuh. Selain itu juga makanan terbuka di dapur, piring kotor yang tidak segera dicuci, remah-remah sisa makanan akan menarik cicak datang. Coba sempatkan untuk membereskan semua itu, sehingga nyamuk dan serangga tidak berkeliaran lagi di rumah anda. Dengan berkurangnya sumber makanan cicak, dengan sendirinya cicak akan meninggalkan rumah anda.

Mengatasi penyebab munculnya cicak bisa jadi cara yang cerdas untuk mencegah cicak datang mengganggu di rumah anda.

Nah, sekarang apa sajakah cara yang efektif untuk mengusir cicak-cicak yang sudah terlanjur nyaman di rumah anda?

Cara Mengusir Cicak dari Rumah secara Alami

1. Mengusir cicak menggunakan cangkang kulit telur
Mungkin teknik mengusir cicak menggunakan cangkang/kulit telur sering anda dengar. Cicak tidak suka bau telur. Dengan menaburkan remukan kulit telur ke sekitar pintu dan jendela akan membuat cicak pergi menjauh.
Tapi beberapa orang berpendapat penyebab menjauhnya cicak bukan karena benci baunya tapi dia merasa terancam karena menganggap ada hewan lain yang bersarang di sekitar situ.
 
2. Mengusir cicak dengan Bawang putih
Hampir sama dengan teknik yang pertama, pengggunaan bawang putih dengan cara menggantungnya/meletakkannya di tempat yang biasa cicak tinggali akan membuatnya tidak nyaman disebabkan bau bawang putih yang cukup menyengat. Bisa juga dengan cara melumat bawang putih, mencampurkannya dengan air, kemudian disemprotkan di sekitar keberadaan cicak.
Bahan sejenis lainnya yang bisa digunakan adalah bawang merah, merica, bubuk cabe atau bahan kimia seperti kapur barus.

Simak juga :
cara mengusir tikus dari rumah
cara mengusir semut tanpa obat


cara mengusir cicak tanpa alat
3. Mengusir cicak memakai Bulu burung
Tidak terlalu aneh. Burung adalah predator alami cicak. Dengan menempatkan bulu burung di sekitaran cicak berada maka akan membuat cicak ketakutan karena disangkanya ada burung di sekitar tempat tinggalnya. Coba saja, siapa tahu efektif. Saya pribadi belum pernah mencobanya.

4. Bubuk kopi dan tembakau untuk mengusir cicak
Sekali lagi, ini adalah salah satu cara mengintimidasi cicak menggunakan bau-bauan yang menyengat. Cicak tidak suka ngopi, juga tidak menyukai bau-bauan kopi. (Padahal bagi kebanyakan orang--terutama yang perokok, kopi dan tembakau adalah padanan yang pas untuk santai dan melek-melek). Tetapi tidak demikian halnya dengan cicak. Silakan tempatkan campuran bubuk kopi dan tembakau di dalam wadah lalu letakkan di tempat cicak biasa nongkrong, niscaya dia tidak akan betah di sana.

5. Menggunakan AC untuk mengusir cicak
Cara yang berikut ini pun dapat mengusir cicak dari rumah anda. Saya sudah mempraktekannya sendiri. Awalnya karena rumah saya berada di daerah pesisir yang bersuhu cukup panas, saya pasang AC untuk menurunkan suhu ruangan. Tapi dengan menurunnya suhu di kamar, ternyata sekaligus membuat cicak tidak nyaman. Hal ini bisa jadi dikarenakan cicak termasuk hewan reptil yang sangat menyukai udara panas. Selain itu kemampuan cicak untuk beradaptasi terhadap suhu juga kurang baik sehingga bila udara di rumah menjadi dingin cicak pun memutuskan untuk pergi.

Demikianlah tips dan trik mengatasi cicak yang mengganggu di rumah anda. Silakan anda aplikasikan yang menurut anda masuk akal dan bisa dilakukan. Atau mungkin anda mempunyai pengalaman tentang cara mengusir cicak secara alami mohon berkenan untuk berbagi melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih sudah berkenan mampir dan membaca sampai tuntas, semoga ada manfaatnya.

Berlangganan update terbaru via email:

1 Response to "Cara Mengusir Cicak dari Rumah secara Alami"

  1. sebenarnya ada cara tradisional yang cukup ampuh untuk mengusir cicak, yaitu menggunakan gagang sapu diacung-acungkan ke arah cicak sambil berkata dengan keras, "hush...hush..hush..."

    ReplyDelete