sampul

sampul

Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami

Tags:

cara mengusir lalat di warung, cara mengusir lalat secara alami, cara membunuh lalat, cara mengusir lalat ijo, cara mengusir lalat dan nyamuk, cara mengusir semut, aplikasi pengusir lalat, cara mengusir nyamuk secara alami

Cara mengusir lalat - lintangsore.com
Musim hujan sudah mulai tiba. Ada satu masalah baru lagi yang muncul menganggu; lalat! Hewan serangga yang satu ini selain membuat suasana tidak nyaman, juga diketahui kerap kali menjadi biang berbagai penyakit. Hal ini tak terlepas dari lingkungan dan siklus hidup lalat yang biasanya tidak jauh dari tempat sampah sehingga mereka seringkali membawa serta kotoran dan kuman penyakit pada tempat-tempat yang disinggahinya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengusir lalat di rumah atau cara mengusir lalat di warung secara alami. Beberapa cara ada yang mirip dengan cara mengusir semut atau cara mengusir nyamuk secara alami dan bisa diaplikasikan sekaligus pada rumah anda.

Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami
lalat di gelas minum


Ada satu hal yang seringkali terlupa; bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka di awal pembahasan ini kita akan uraikan beberapa tips mencegah lalat masuk ke rumah anda.

Cara mencegah lalat masuk di rumah

Sebelum anda berpikir untuk membunuh dan membasmi lalat maka pertama kali pastikan dulu suasana ruangan rumah anda tidak layak huni bagi lalat sendiri. Adalah satu hal yang kontraproduktif, ketika anda berusaha sekuat tenaga menerapkan cara mengusir lalat dan nyamuk dari rumah, sementara suasana dan kondisi rumah anda justru mengundang lalat dan nyamuk untuk datang.
  1. Bersihkan rumah dan ruangan Anda terutama tempat di mana Anda makan atau memasak seperti dapur, meja makan dan lain-lain secara teratur menggunakan larutan disinfektan yang baik. Pastikan anda membersihkan sisa makanan yang tercecer.
  2. Biasakan agar makanan selalu berada pada tempat yang tertutup rapat, termasuk buah-buahan baik yang masih utuh atau sudah dipotong . Hal ini juga akan mengurangi jumlah lalat buah.
  3. Buahlah sampah secara teratur, dan menjaga tempat sampah tertutup sepanjang waktu. Sampah kaleng adalah tempat favorit lalat untuk berkembang biak, maka usahakan untuk membuang/menguburnya.
  4. Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing/anjing pastikan kotoran dari hewan peliharaan anda untuk dibersihkan segera. Juga pastikan untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan anda tersebut.
  5. Jika Anda memelihara tanaman di dalam ruangan, usahakan untuk tidak terlalu sering menyiram tanaman tersebut karena lalat menyukai tanah basah dan lembab.
  6. Pasang kawat kasa penghalang pada lobang angin dan gunakan penutup jendela menggunakan kain tipis untuk mencegah masuknya lalat.

Jika cara-cara di atas sudah diterapkan namun lalat tetap saja bandel nyelonong ke rumah anda, maka berikut ini cara mengusir lalat yang bisa anda aplikasikan.

Cara mengusir lalat secara alami

1. Cara Mengusir lalat menggunakan aroma/bau-bauan

a. Daun Pandan
Daun pandan terkenal sebagai pengharum dan penyedap makanan. Tetapi wangi daun pandan ternyata bisa juga untuk mengusir lalat. Caranya cukup mudah. Sediakan beberapa helai daun pandan, kemudian iris halus. Letakkan irisan daun pandan tadi pada sebuah mangkuk atau piring, kemudian tempatkan di tempat yang banyak dihinggapi lalat. Tak berapa lama lalat akan segera kabur.

b.Bunga Lavender
Selain dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, bunga Lavender ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir lalat. Masukkan beberapa tangkai bunga lavender dalam vas/pot dan letakkan di dalam rumah untuk mengusir lalat.

c. Biji Cengkeh
Wangi cengkeh ternyata cukup efektif mengusir lalat. Rendam biji cengkeh secukupnya pada semangkuk air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh tadi pada tempat yang banyak dihinggapi lalat, maka lalat akan segera pergi menjauh.

d. Jeruk Lemon
Jeruk lemon dapat digunakan untuk mengusir lalat. Caranya, siapkan beberapa buah jeruk lemon, iris memanjang menjadi 4 potong. Tancapkan bunga cengkih kering pada setiap potongan jeruk lemon kemudian letakkan pada piring. Lalat akan merasa terganggu dengan perpaduan aroma buah jeruk lemon dan aroma rempah cengkih sehingga akan membuat mereka pergi menjauh.

e. Daun kemangi
Kemangi adalah tanaman obat maupun bahan masakan yang umumnya ditanam di pekarangan rumah. Kaitannya dengan lalat, daun kemangi bukan tanaman pengusir lalat tetapi lebih tepatnya berfungsi sebagi penghalang. Tanamlah beberapa pohon kemangi di sekeliling rumah anda, maka akan mencegah dan mengurangi lalat masuk ke rumah anda.

f. kayu manis, bawang putih, dan bubuk cabe
Cara alami mengusir lalat ini adalah menggunakan campuran bawang putih, kayu manis dan bubuk cabe. Cukup taburkan bubuk di sekitar sudut rumah sobat sebagai pengusir lalat ijo sekalipun yang alami dan ampuh.

2. Cara mengusir lalat menggunakan nyala lilin

Pernahkah anda melihat di warung makan yang menyalakan lilin di waktu siang hari? Itu bukan tanpa alasan. Tujuan utamanya adalah mengusir lalat-lalat agar tidak hinggap di makanan yang dijual, karena lalat tidak menyukai asap.

3. Cara mengusir lalat menggunakan plastik air dan uang koin

Mungkin anda juga pernah melihat hal ini; ada beberapa kantong plastik berisi air bening bergantung di warung. Mengusir lalat dengan cara ini adalah salah satu cara ampuh yang paling mudah dan cukup murah untuk diterapkan di rumah. Alasan ilmiahnya adalah bahwa mata lalat memiliki sekitar 3000 – 6000 mata pada setiap bulatan mata lalat. Mata tersebut tidak bisa fokus pada satu sudut pandang seperti mata manusia. Mata-mata itu menampilkan berbagai sudut pandang berbeda ibarat ribuan monitor CCTV yang menampilkan gambar berbeda.

Nah, ketika lalat melihat kantong plastik berisi air, matanya akan terkena pembiasan cahaya yang akan mengakibatkan gangguan fokus. Lalat akan sangat merasa tidak nyaman dan memilih untuk pergi meninggalkan area tersebut.
Ada juga yang kadang menambahkan 3 - 4 koin logam ke dalamnya untuk menambah pemantulan dan pembiasan sinar matahari.

4. Cara mengusir lalat menggunakan CD bekas

CD dalam hal ini adalah CD yang sebenarnya, bukan CD yang itu. Sistem kerjanya mungkin tidak terlalu jauh beda dengan cara mengusir lalat menggunakan plastik air, yaitu menggangu dan menakut-nakuti lalat dengan sifat reflektif CD. Adapun caranya adalah dengan  menggantungkan CD bekas yang sudah rusak atau tidak terpakai di rumah menggunakan tali tipis/benang sehingga memungkinkan CD untuk bergerak dan berputar bebas saat terkena angin.

5. Cara Mengusir Lalat menggunakan Kipas Angin

Kipas angin cukup ampuh menghalau lalat karena aliran udara yang dihasilkan oleh kipas angin dapat mengganggu jalur terbang dan keseimbangan lalat. Nyalakan dan letakkkan kipas angin di daerah yang dihinggapi oleh banyak lalat, maka lalat – lalat tersebut akan segera pergi.

Masih kurang puas hanya dengan mengusir lalat dan ingin membasminya? Berikut ini saya sertakan pula beberapa alternatif cara yang bisa anda aplikasikan untuk membunuh lalat.

1. Cara Membunuh Lalat dengan Raket Listrik

Raket listrik yang biasa digunakan untuk membunuh nyamuk juga bisa anda gunakan untuk membunuh lalat. Meskipun tegangan yang dihasilkan tidak terlalu tinggi harap hati hati dalam menggunakannya karena sengatannya cukup mengagetkan juga.

2. Cara Alami  membasmi Lalat dengan Lem Lalat

Lem lalat ini cukup ampuh untuk membunuh lalat  dan mudah ditemukan di toko – toko peralatan rumah tangga maupun di supermarket. Letakkan lem lalat di tempat – tempat yang dipenuhi lalat dengan memberikan umpan berupa makanan beraroma kuat seperti ikan untuk menjebak lalat – lalat nakal tersebut.

3. Gunakan Obat atau Semprotan Pembasmi Serangga

Jika cara-cara di atas kurang efektif dan lalat masih saja membandel, anda dapat gunakan obat atau semprotan pembasmi serangga untuk membunuh lalat.

Demikian beberapa cara mengusir lalat dari rumah secara alami yang bisa saya bagikan untuk anda. Barangkali tidak semuanya efektif, namun tidak ada salahnya anda coba-coba hingga menemukan formula yang paling efektif. Tidak menutup kemungkinan salah satu dari pembaca yang budiman ada mempunyai cara lain yang lebih efektif untuk membunuh/mengusir lalat, silakan anda sharingkan melalui kolom komentar di bawah postingan ini agar dapat dibaca dan diaplikasikan oleh pembaca yang lainnya.
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca sampai tuntas, semoga lalat-lalat yang mengganggu di rumah anda lenyap dan rumah anda kembali nyaman.

Berlangganan update terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengusir Lalat di Rumah Secara Alami"

Post a Comment