sampul

sampul

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

Tags:

cara mengusir nyamuk dengan hp, cara mengusir nyamuk dengan kapur barus, cara mengusir nyamuk dengan ragi, cara mengusir nyamuk dengan komputer, cara mengusir tikus secara alami, cara mengusir nyamuk dengan sereh, aplikasi pengusir nyamuk, cara alami mengusir nyamuk di kamar

Cara mengusir nyamuk - lintangsore.com
Adakah hal yang lebih menjengkelkan di dunia ini, ketika hendak meminum kopi tapi masih terlalu panas, kemudian ditinggal sebentar agar menjadi sedikit lebih dingin dan bisa diminum dengan nyaman, tetapi kemudian ketika kita kembali sudah ada beberapa ekor semut yang mati bunuh diri di dalam cangkir kopi kita? Jawabnya ada! Saat malam dan kantuk menyerang, tapi tetap susah merem karena udara gerah, lalu beberapa ekor nyamuk berdenging di telinga, dan satu ekor berhasil "mencipok" kita di jari kaki, tapi tak dapat menemukan jari yang mana yang digigit meskipun sudah kita garuk semerata mungkin.

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami
Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

Kadang saking gemasnya, ketika berhasil menangkap seekor nyamuk saya lumat sekuatnya menggunakan dua jari sampai tidak tampak lagi bekasnya. Tapi ya itu, teman-temannya seolah tidak tahu dan tidak takut "kebrutalan" saya memutilasi temannya akan menimpa dirinya juga. Dengan sporadis mereka masih terus berupaya menyerang area terbuka pada tubuh saya.

Hal pertama yang kemudian saya lakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah adalah mengambil senjata andalan; RAKET NYAMUK!!! Meskipun ini bukan solusi terbaik untuk mengusir nyamuk dari rumah, tetapi setidaknya ada kepuasan "balas dendam" manakala mendengar suar 'preketek preketek" nyamuk yang tersengat raket listrik.

Oke, itu tadi sedikit cerita saya. Berikutnya kita akan membahas cara-cara yang efektif untuk mengusir atau membasmi nyamuk dari rumah. Cara mengusir nyamuk yang akan dibahas di sini adalah cara mengusir nyamuk secara tradisional, aman, cepat, sederhana dan efektif. Tentunya hal pertama yang harus dilakukan sebelum dapat mengusir secara efektif adalah mencari tahu sifat, kelemahan dan kekuatan lawan guna memenangkan pertempuran. Halah...

Beberapa fakta tentang nyamuk yang harus anda ketahui:

1. Nyamuk tertarik pada tubuh yang bersuhu hangat. Itulah mengapa saat malam cuaca gerah justru nyamuk banyak yang datang memperparah keadaan. Jaga suhu tubuh anda agar senantiasa dingin untuk menghindari gigitan nyamuk. Gunakan balok es untuk mengusir nyamuk secara cepat dengan dipukulkan tepat pada kepalanya, dijamin efektif (just kidding :))
 
2. Nyamuk senang di tempat dengan kelembaban tinggi (kondisi lembab di sini yang harus dipahami adalah berarti adanya kandungan air terlarut di udara yang jenuh sehingga menyebabkan tubuh banyak mengeluarkan keringat). Cara mengusir nyamuk dari rumah dengan mensiasati fakta ini adalah memasang AC di kamar anda. Selain menjadikan suasana adem juga dapat digunakan untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam kamar anda.

3. Nyamuk tertarik pada air, khususnya air tergenang. Membuang semua genangan air di halaman Anda adalah cara mengusir nyamuk secara tradisional yang sering dianjurkan. Contoh tempat untuk berkembang biak nyamuk adalah ban bekas, genangan di jalan masuk mobil, selokan mampet, kolam ikan tanpa filter, pot bunga kosong, kaleng bekas, dan apa pun yang dapat menampung air selama lebih dari beberapa hari pada suatu waktu. Jika tidak memungkinkan untuk menghilangkan genangan/sumber air tertentu, masukkan bubuk abate atau sejenisnya ke dalamnya untuk membunuh larva dan mencegah nyamuk berkembak biak di dalamnya.
 
4. Warna favorit nyamuk adalah warna hitam, biru dan merah. Hindari menggunakan pakaian berwarna tersebut terutama saat malam hari. Kenakan pakaian longgar yang menutupi seluruh tubuh. Baju lengan panjang dan celana panjang akan membantu melindungi Anda dari nyamuk ketika Anda berada di luar rumah.

"Menutupi kulit dan tubuh anda adalah langkah termudah mengusir nyamuk"

cara mengusir nyamuk secara efektif
cara mengusir nyamuk secara efektif

Pakaian juga dapat disemprot dengan anti nyamuk untuk perlindungan yang lebih baik.

5. Nyamuk cenderung keluar di saat menjelang senja, saat fajar, dan di saat gelap. Jadi jika memungkinkan, tetap tinggal dengan aman di dalam rumah saat itu. Jangan ke luar rumah saat banyak nyamuk di luar. Jika terpaksa harus keluar rumah ketika nyamuk dalam keadaan sangat aktif, gunakan pakaian berlapis untuk melindungi kulit Anda, atau kalau perlu gunakan lotion anti nyamuk.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang nyamuk. Selanjutnya, sebelum kita membahas cara mengusir nyamuk secara alami, akan lebih baik jika dibahas dulu cara mencegah nyamuk datang dan berkembang biak di lingkungan rumah kita.

Beberapa cara sudah dibahas di atas. Cara berikutnya adalah:
  • Menjaga tempat-tempat terkumpulnya air, kolam, dan kolam renang. Jika Anda memiliki kolam ikan atau kolam renang yang tidak terlalu sering digunakan, ini dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Bantu diri Anda sendiri dan tetangga dengan melakukan perawatan secara teratur untuk menjaga agar airnya tetap baru dan mengalir sehingga nyamuk tidak bisa berkembang biak di dalamnya.
  • Memangkas tanaman di sekitar kolam atau tempat terkumpulnya air lainnya. Jika Anda memiliki tempat mandi dan tempat minum burung peliharaan atau sumber air lain yang berukuran kecil, sering ganti airnya atau aduk airnya sehingga nyamuk tidak dapat bertelur di sana.
  • Memotong rumput dan semak secara teratur. Rumput dan semak yang terlalu rimbun dapat dijadikan sebagai tempat persembunyian nyamuk. Pastikan untuk memotong rumput dan memangkas semak/tanaman lainnya secara teratur.
  • Menggunakan air sabun yang diletakkan dalam piring. Jika Anda sedang berada di taman/luar ruangan, Anda dapat mengusir nyamuk dengan menempatkan satu piring air yang dicampur dengan sabun cuci piring di tempat tersembunyi di dekatnya. Nyamuk akan tertarik ke sumber air tersebut, dan akan terjebak di dalam gelembung sabun dan tenggelam.
  • Menggunakan lampu LED. Tempatkan lampu LED di pintu masuk, jendela dan teras rumah. Nyamuk tidak akan berkerumun jika cahayanya berasal dari lampu LED, lampu serangga berwarna kuning, dan lampu sodium.
  • Memasang kasa atau tutupi area di luar ruangan. Jika Anda tinggal di tempat yang banyak nyamuk, Anda dapat menggunakan kelambu atau kasa di luar maupun di dalam rumah. Tempatkan kelambu yang sesuai atau plastik luar ruangan yang menutupi sekeliling teras atau luar rumah.
  • Menanam bunga pengusir nyamuk. Ada beberapa jenis bunga yang memiliki wangi yang tidak disukai oleh nyamuk, antara lain bunga krisan, geramary, rosemary dan lain sebagainya. Tanam bunga krisan/geramary/rosemary di sekeliling rumah anda untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Untuk jenis bunga rosemary yang berukuran kecil juga dapat ditanam di pot kecil, sehingga dapat disimpan di dalam ruangan.
artikel lainnya tentang hama rumah :

Selanjutnya, kita akan bahas beberapa trik untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda.

1. Cara mengusir nyamuk dengan suara ultrasonik

Gelombang suara ultrasonik adalah gelombang suara dengan frekuensi di atas 20 kiloHertz yang bisa didengar oleh berbagai serangga termasuk nyamuk. Dengan mendengar gelombang ultrasonik tersebut, nyamuk akan merasa terganggu dan memilih untuk menyingkir. Cara ini sudah banyak diadaptasi dalam beberapa aplikasi sederhana dan anda bisa langsung dapat memakainya. Salah satu penemuan alat/ aplikasi pengusir nyamuk adalah berupa lampu hias yang dapat berputar dan memancarkan suara ultrasonik. Aplikasi pengusir nyamuk yang lain adalah berupa aplikasi hp bernama AntiGnat. Aplikasi berbasis java ini penggunaannya sangat mudah, cukup dengan mendownload ke hp atau komputer anda, lalu install, dan aktifkan aplikasinya saat nyamuk mendekati anda.

2. Cara mengusir nyamuk dengan kapur barus

Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan kapur barus / kamper. Caranya: Siapkan terlebih dahulu satu gelas air. Kemudian masukkan beberapa butir kapur barus secukupnya. Cukup letakkan gelas yang berisi air dan kapur barus di sudut ruangan anda atau di bawah meja dan tempat tidur.

cara mengusir nyamuk secara tradisional
cara mengusir nyamuk secara tradisional


3. Cara mengusir nyamuk dengan ragi dan minyak lavender

Anda bisa membuat obat nyamuk alami dengan menggunakan campuran ragi dan minyak lavender. Caranya: siapkan minyak lavender, lalu larutkan minyak lavender dengan menambahkan air sekitar 10% dari banyaknya minyak lavender, lalu tambahkan ragi secukupnya. Aduk hingga larut sehingga menjadi cairan, kemudian taruh di wadah dan disimpan di ruangan anda.
cara mengusir nyamuk secara sederhana
cara mengusir nyamuk dengan jeruk lemon


4. Membuat anti nyamuk dengan minyak kayu putih dan lemon.

Campuran minyak kayu putih dan lemon direkomendasikan sebagai cara mengusir nyamuk secara alami. Lemon dan minyak kayu putih mengandung zat aktif yang memiliki sifat antiseptik dan penolak serangga ketika diaplikasikan pada kulit. Caranya dengan mencampurkan minyak kayu putih dan tetesan lemon dalam proporsi yang sama, kemudian digunakan sebagai obat oles pada tubuh anda.

5. Cara mengusir nyamuk dengan bubuk kopi

Cara sederhana untuk mengusir nyamuk adalah dengan memanfaatkan bubuk kopi. Taburkan bubuk kopi di tempat yang memiliki genangan air. Telur nyamuk yang ada dalam air genangan tersebut akan muncul ke permukaan air karena bubuk kopi. Ketika telur nyamuk menempel di bubuk kopi dan naik ke permukaan, mereka akan kehilangan oksigen dan mati. Cara ini akan mencegah telur nyamuk menetas dan mencegah nyamuk berkembang biak di rumah anda.
tanaman pengusir nyamuk
tanaman pengusir nyamuk
Demikian beberapa tips dan trik dalam mengatasi gangguan nyamuk di rumah anda. Ada pula cara mengusir nyamuk dengan sereh, jeruk nipis, kayu manis dan bahan alami lainnya yang tidak sempat saya uraikan di sini. Silakan anda aplikasikan teknik yang menurut anda paling mudah dan masuk akal. Atau jika anda punya cara lain yang lebih efektif silakan berbagi melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Dengan senang hati saya akan menambahkannya di dalam postingan agar dapat dipraktekkan oleh pembaca lainnya.

Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca sampai tuntas. Semoga nyamuk atau serangga pengganggu lain berhasil diusir dari rumah anda. Salam.

Berlangganan update terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami"

Post a Comment