sampul

sampul

Cara Mengusir Semut Secara Alami

Tags:

cara mengusir semut di meja makan, cara mengusir semut di kamar, cara mengusir semut hitam, cara mengusir semut merah kecil, cara mengusir semut di tanaman, cara mengusir semut merah, cara mengusir semut di mobil, cara mengusir semut secara alami, cara membasmi semut api merah

cara mengusir semut merah
"Ada gula ada semut", peribahasa itu secara nyata memang benar adanya. Tetapi tidak bisa diartikan sebaliknya tidak ada gula tidak ada semut. Faktanya bukan hanya gula yang menarik perhatian semut untuk mengunjungi rumah anda. Remah-remah makanan, buah-buahan, ikan, daging, bau amis, bisa menjadi daya tarik bagi semut untuk datang.

Hewan dengan populasi terbesar ini nyaris ada di sembarang tempat, mulai dari meja makan, di kamar, di mobil, dan tanaman di pekarangan rumah anda. Beragam pula jenis semut yang ada; mulai dari semut hitam, semut merah kecil, semut merah besar (semut rangrang), semut tanah, semut api merah, semut pudak dan semut gatal.

Sebenarnya keberadaan semut di rumah anda sedikit banyak membantu membersihkan rumah anda dari remah-remah dan sisa makanan yang tercecer di lantai atau meja makan anda, namun ketika semut yang datang cukup banyak akan mengganggu kenyamanan. Ditambah ketika mereka mulai melakukan "penyerangan" ke makanan anda. Biasanya jenis semut merah kecil suka menyerang makanan berupa lauk, ikan, dan makanan lainnya. Sedangkan jenis semut hitam suka mengerubuti makanan yang manis-manis seperti gula, minuman manis yang terbuka tutupnya, dan makanan manis lainnya.

Maka ketika permasalahan di atas terjadi mau tidak mau demi kenyamanan orang akan berupaya mencari tahu bagaimana cara mengusir semut-semut tersebut. Tak terkecuali anda :) Saya menyarankan untuk mengusir semut saja, jangan membasminya, karena walau bagaimanapun semut termasuk makhluk hidup yang mempunyai banyak manfaat.

Berikut ini akan saya bagikan teknik atau cara mengusir semut secara alami dari rumah anda.

Cara Mengusir Semut Secara Alami

Langkah pertama untuk mengusir semut dari rumah anda adalah memastikan setiap yang manis di rumah tertutup rapat (termasuk istri dan anak-anak anda :)). Bersihkan lelehan di sisi kaleng madu atau sirup dan pastikan juga anda sudah menutupnya dengan ketat sehabis menggunakannya. Bersihkan lantai secara rutin sehingga meminimalkan kemungkinan adanya ceceran makanan di lantai yang bisa mengundang semut datang. Berikan penghalang agar semut tidak masuk ke rumah anda.
Berikut ini adalah beberapa benda yang bisa digunakan untuk mencegah semut datang ke rumah Anda:

Cara mencegah semut masuk ke rumah anda
1. Kapur Ajaib
Gunakan kapur ajaib / kapur putih biasa yang digunakan untuk menulis dengan cara digariskan mengelilingi lubang semut atau memotong jalan semut agar semut tidak berani melintas. Tetapi cara ini hanya efektif untuk 2-3 hari saja. Setelah itu beberapa jenis semut akan melenggang kangkung berjalan melewati garis kapur putih tanpa perasaan bersalah.

2.Bedak Bayi
Cara penggunaannya dengan menaburkan bedak bayi ini di setiap titik dimana semut mudah masuk. Dengan cara ini akan membuat semut terblokir dan tidak dapat masuk ke dalam rumah. Cara ini kurang efektif untuk mengusir semut secara permanen karena bedak bayi akan mudah hilang kabur atau tersapu.

3. Daun Sirih
Daun sirih sering kali ditanam sebagai tanaman obat keluarga. Selain itu, ternyata daun tanaman sirih juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah semut di rumah. Anda hanya perlu menggunakan beberapa lembar daun sirih yang diremas hingga mengeluarkan aroma. Aroma daun sirih tersebut sangat dibenci oleh para semut sehingga mereka akan menjauhi area yang terdapat remasan daun sirih.

4. Mentimun
Ada fakta menarik yang perlu anda ketahui seputar semut. Umumnya serangga yang berkoloni ini sangat tidak suka dengan buah mentimun. Tempatkan potongan mentimun pada sarang semut, niscaya akan membuat mereka pergi. Bisa juga dengan meletakkan mentimun yang diblender di jalur semut berlalu lalang.

5. Garam
Cara mengusir semut  secara alami berikutnya menggunakan salah satu bahan dapur yaitu garam. Rasa garam yang asin sangat mengganggu semut sehingga mereka akan menghindarinya. Cara menggunakan garam untuk mengusir semut bisa dengan di campur air hangat dan disemprotkan ke sarang semut atau area yang ingin agar steril dari semut.

6. Sabun Mandi
Manfaatkan sisa sabun mandi yang sudah tidak terpakai untuk mengusir semut dari rumah anda. Batangan sisa sabun mandi oleskan pada area yang sering didatangi semut. Lapisan lilin pada sabun akan membuat semut dehidrasi dan mereka tidak menyukainya.

7. Ampas kopi
Jika ingin mendapatkan hal yang mudah dalam mengusir semut, anda bisa menggunakan ampas kopi yang disebar di sekitar rumah dan juga akan membuat semut menjauh dari tanaman yang kita tanam.

Itulah beberapa benda yang bisa anda gunakan untuk mencegah masuk ke rumah anda. Lalu, bagaimana jika semut sudah terlanjur masuk ke rumah anda? Tentu anda ingin membersihkannya dan mencegahnya datang kembali kan? Berikut ini saya bagikan beberapa cara mengusir semut yang masuk ke rumah anda.

Cara mengusir semut dari rumah dengan bahan alami

Yang pertama anda harus mencari tahu sumber datangnya semut. Jika sudah ketemu dari mana mereka masuk, anda bisa menerapkan salah satu metode di atas. Sedangkan untuk membersihkan semut-semut yang sudah terlanjur masuk, anda bisa menggunakan sapu, kain atau lap pel.
Hal terpenting yang harus anda lakukan adalah menghapus jejak feromon (hormon bau) yang ditinggalkan oleh semut agar tidak mengundang semut lainnya.
Gunakan larutan sabun dan air, atau larutan cuka, atau bisa juga menggunakan minyak esensial. Jika Anda tidak melakukan hal ini, semut lainnya akan dapat dengan mudah menemukan sumber makanan di tempat yang sama.

Cara membasmi semut semut dengan bahan alami

Sebenarnya saya pribadi tidak terlalu tega untuk membasmi semut. Tetapi jika menurut anda semut ini sudah sangat mengganggu dan perlu dibasmi, saya menyarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami saja ketimbang semprotan pembasmi serangga agar tidak berdampak pada binatang lain atau bahkan keluarga anda.
Beberapa benda yang bisa anda gunakan adalah:
1. Borax
Cara pembuatannya dengan mencampurkan borax dan sirup kemudian dioleskan pada benda-benda ringan seperti kertas atau gumpalan kapas. Semut-semut akan tertarik dan membawanya ke sarang untuk dimakan. Semua semut di dalam sarang akan memakan dan mati karena memakan borax.

2. Baking Soda
Jika Anda kesulitan menggunakan borax, Anda dapat mencoba menggunakan baking soda. Campur baking soda dan gula bubuk dengan perbandingan yang sama lalu tempatkan di dekat jalan semut datang. Gula bubuk akan menarik perhatian mereka, dan karena mereka tidak dapat membedakan antara gula dan baking soda, mereka akan membawa keduanya kembali ke sarang mereka.
Ketika semut memakannya baking soda akan bereaksi dengan zat asam dalam tubuh mereka dan membunuhnya.

3. Air perasan jeruk

cara mengusir semut dengan jeruk nipis
jeruk nipis
 
Penggunaan air perasan jeruk ini dapat dikatakan sebagai salah satu cara membasmi semut secara alami yang ampuh dan juga akan membuat semut menjadi cepat mati dan tidak kembali lagi. Selain itu efek aroma jeruk  akan menyegarkan suasana ruangan anda. Semprotkan secara berkala di sarang-sarang semut yang anda temukan.


Demikianlah teknik dan cara mengusir semut secara alami dari kamar/rumah/mobil anda. Silakan dipraktekkan salah satu tips di atas dan lihat hasilnya 4-5 hari ke depan.
Terima kasih sudah berkenan membaca sampai akhir. Selamat mencoba, semoga semut yang mengganggu rumah anda berhasil diusir.

Berlangganan update terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengusir Semut Secara Alami"

Post a Comment