sampul

sampul

Memilih Jenis Jambu Air Terbaik untuk Dibudidayakan

Jenis Varietas Jambu Air Unggulan - lintangsore.com
Selamat datang para calon pekebun dan petani sukses di  blog lintangsore.com. Pembahasan kali ini adalah tentang jambu air; mengenal jenis-jenis varietas jambu air apa sajakah yang ungggul dan layak untuk ditanam di pekarangan atau kebun anda. Saya yakin anda pernah mendengar tentang jambu air king rose, jambu air madu dan jambu citra. Nah, pada pembahasan di bawah kita akan coba kenali beberapa jenis jambu air tadi, apa sajakah keunggulannya, bagaimana ciri-ciri untuk membedakannya dan cara membudidayakannya.

jambu air madu
jambu air madu

 Jenis Jambu Air Unggulan

1. Jambu Air Madu

Jambu air Madu termasuk salah satu jenis tanaman buah asli Indonesia. jambu madu merupakan salah satu jenis jambu air dengan kualitas unggulan yang dimiliki di daerah kita. Dari segi rasa manis dan enak. Umumnya semua jenis jambu madu tidak memiliki biji. Perbanyakannya dapat dilakukan secara vegetatif baik berasal dari okulasi, sambung pucuk atau cangkokan.
Ada tiga jenis jambu madu :

a. Jambu madu DELI HIJAU


jambu madu deli hijau
jambu madu deli hijau

Jambu madu Deli Hijau adalah jambu air madu yang berwarna hijau yang memiliki tingkat kemanisan kebangetan. Bisa dikatakan ini adalah jenis jambu air termanis. Jambu air madu hijau memiliki daging buah yang rapuh yang membuat legit saat dimakan. Selain itu juga tanpa biji di dalamnya.
Kelebihan lain dari jambu madu deli hijau adalah lebih cepat berbuah. Dengan perlakuan yang tepat dan bibit berasal dari cangkokan, jambu madu deli hijau akan berbuah dalam umur kurang dari satu tahun. Kelebihan lainnya adalah buah jambu madu deli hijau lebih lebat buahnya walau memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jambu madu lainnya.

b. Jambu madu KESUMA MERAH

jambu madu kesuma merah

Jambu air madu jenis Kesuma Merah adalah jambu madu air yang berwarna merah, dagingnya padat dan sangat rapuh. Warnanya yang merah menggoda seringkali menggoda para pelanggan untuk memilih jambu ini. Kekurangan dari membudidayakan jambu madu kesuma merah adalah pada waktu berbuahnya. Jambu kesuma merah memiliki waktu yang lebih lama untuk berbuah dikarenakan pohonnya yang besar dibandingkan dengan jambu madu lainnya.

c. Jambu Madu SUPER GREEN ( Jambu Madu Super)

jambu madu super green
jambu madu super green
Dilihat dari warna dan bentuknya hampir mirip dengan jambu madu Deli Hijau tetapi jika sudah tua atau masak jambu madu super green akan sedikit berwarna hijau kekuning-kuningan.
Jambu madu super green memiliki ukuran yang super besar dan berwarna hijau. Besarnya jambu madu ini dapat mencapai ukuran satu botol aqua gelas. Kurang lebih mempunyai bobot 200 - 300 gram per buah. Rasa jambu madu Super Green sangat manis dan akan terasa dari atas sampai ke bawah. Hampir mirip dengan jambu madu Kesuma Merah, waktu berbuahnya agak lambat, kurang lebih sekitar 13-15 bulan baru berbuah. Demikian juga kelebatan buahnya agak kurang dikarenakan ukuran buahnya yang besar-besar. Akan tetapi karena pohonnya terbilang lebih besar maka jambunya juga dapat berbuah dengan banyak.

Cara membedakan jenis-jenis jambu air madu

Tanaman buah jambu air madu deli hijau memiliki ciri daun dewasa berukuran lebar dan besar, berwarna hijau tidak terlalu tua, dan tidak terlalu tegang/kaku. Batang atau ranting muda berwarna hijau muda, buah berukuran besar dan berwarna hijau mengkilap. Untuk jambu madu kesuma merah daunnya lebih tegang keatas dan warnanya hijau kekuningan. Sedangkan jenis jambu madu super green daunnya lebih kecil, tidak lebar, dan melengkung ke dalam seperti layu.

2. Jambu air king rose

 
jambu air king rose
jambu air king rose
Jenis jambu unggulan berikutnya yang akan kita bahas adalah jambu air king rose. Sesuai dengan namanya, jambu air king rose berwarna merah legam seperti bunga mawar.
Ukuran buah jambu king rose bisa dikategorikan jumbo, dengan berat normal sekitar 200 - 300 gram per butirnya. Karena ukurannya yang besar itu, banyak yang menyebut king rose sebagai jambu air raksasa. jenis Jambu Air King Rose termasuk dalam kategori unggulan dan sudah banyak yang membudidayakan. Harga jambu king rose di pasaran cukup tinggi. Satu kilogramnya dijual dengan harga 30.000-50.000. Rasa buah jambu air king rose sangat manis dan segar. Istimewanya, kadar airnya cukup tinggi dan umumnya tanpa biji. Jika dibudidayakan, ia mulai berbuah di usia sekitar 2 tahunan.
 
Cara memilih dan mengenali bibit jambu king rose.
Jika anda berencana membeli bibit jambu air king rose dan belum mengetahui ciri-ciri dan perbedaannya dengan varietas jambu air lainnya maka saya sarankan anda untuk membelinya di toko pertanian atau penjual  bibit yang sudah mapan dan terpercaya. Tanyakan pada penjualnya mana yang king rose mana yang bukan.
Anda bisa berpedoman pada ciri-ciri berikut:
- jambu air king rose mempunyai daun yang berukuran besar dengan ujung daun mengarah ke atas. Atau kalau kebetulan sudah muncul buahnya Anda bisa memperhatikan wana dan ukuran buahnya.

Baca juga: Cara menanam jambu air

3. Jambu Air Citra

jambu air citra
jambu air citra

Salah satu jenis tanaman jambu air yang akhir-akhir ini banyak diburu, baik oleh pembibit tanaman maupun oleh penyuka jambu air, adalah jambu air citra. Jambu jenis citra ini terkenal manis rasanya. Selain itu ukuran buahnya tergolong besar ketimbang jambu air lainnya. Satu buah jambu air citra memiliki bobot hingga mencapai 300 gram, kurang lebih seukuran kalung susu.

Ukuran tinggi pohon jambu air citra sekitar 4-5 meter dengan tajuk sekitar 2 meter. Pohon ini rimbun dan relatif pendek dibandingkan jenis jambu air lainnya. Bentuk batang pohon jambu citra bulat, permukaannya halus berwarna coklat dan bercabang-cabang. Daun-daunnya berbentuk tombak memanjang dengan perbandingan panjang dan lebar daun sekitar 3:2. Warna daun muda merah keunguan atau merah kecoklatan sedangkan saat tua berwarna hijau. Bunga jambu air citra bertipe spatula dengan warna mahkota kuning muda. Buah jambu citra berbentuk lonceng tak berlekuk sekitar 1-12 buah per tandan.
Keunggulan pohon jambu air citra lainnya adalah memiliki ketahanan terhadap hama penyakit tanaman seperti jamur daun, penggerek batang, dan ulat pemakan daun.
jambu air terbaik
kembang jambu air madu
Demikianlah postingan tentang jenis-jenis jambu air unggulan yang layak untuk dibudidayakan. Apabila diantara jenis-jenis jambu air unggulan ada yang terlewat, atau anda mempunyai pandangan lain tentang jambu air terbaik menurut versi anda, silakan bagikan pengalaman anda melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca ulasan ini sampai tuntas, semoga bisa menambah wawasan dan dapat bermanfaat dalam rangka budidaya jambu air. Salam.

Berlangganan update terbaru via email:

1 Response to "Memilih Jenis Jambu Air Terbaik untuk Dibudidayakan"

  1. mantab blognya...jadi pengin beli rumah+pekarangan...

    ReplyDelete