sampul

sampul

Cara Menyemai Bibit Tomat

Cara Menyemai Bibit Tomat - lintangsore.com
Selamat datang di blog lintangsore.com. Kali ini kita akan belajar cara menanam bibit tomat dari awal. Mungkin Anda baru saja membeli bibit tomat jenis yang mahal sehingga sayang kalau tidak tahu cara menyemai bibit tomat dengan benar. Atau bisa jadi anda sudah mempunyai bibit hasil panen dari menanam tomat sebelumnya yang awalnya beli bibit di pasar sehingga kebingungan cara menanam dari awal.

Jika anda menanam tomat hanya dalam skala kecil, untuk sekedar konsumsi sehari-hari dan penyaluran hobi berkebun maka anda bisa melakukan tips berikut dalam menyemai bibit tomat.
Cara Menyemai Bibit Tomat
Cara Menyemai Bibit Tomat

Cara Menyemai Bibit Tomat

Untuk menyemai bibit tomat dalam jumlah sedikit, metode ini cukup praktis dan mudah. Prinsipnya hampir sama seperti praktek menanam kacang hijau di kapas jaman kita SMP/SMA dulu.
 
Bahan dan Peralatan:
  • Kapas kotak/kapas pembersih muka
  • Penampan/Wadah tempat meletakkan kapas. Usahakan mempunyai lubang di bawahnya sebagai jalan pembuangan air yang berlebih.
  • Biji tomat

Cara menanam tomat dari biji

Potong kapas menggunakan gunting menjadi empat bagian yang sama. (ukuran 4x4 cm). Letakkan potongan-potongan kapas ke dalam wadah penyemaian.
Pertimbangan penggunaan kapas kotak adalah agar nantinya kita tidak kerepotan saat harus memisahkan akar tomat.

Setelah selesai menata kapas di tempatnya kemudian basahilah kapas dengan air. Usahakan jangan sampai tergenang agar benih tidak menjadi busuk dan bau. 

Setelah itu letakkan bibit tomat ke atas kapas, tiap biji di satu kapas berbeda. Sekali lagi, tujuan tiap potong kapas satu biji tomat adalah biar memudahkan saja saat pemindahan bibit nantinya.

Letakkan wadah penyemaian di tempat yang aman dan terlindung dari sinar matahari. Jangan lupa untuk mengeceknya sehari sekali guna memastikan kapas tetap lembab dan mengamati pertumbuhannya. Jika sudah berkecambah dan tumbuh sekitar 10 cm berarti bibit tomat sudah bisa dipindahkan ke pot.

Keuntungan menggunakan metode ini dalam menyemai bibit tomat adalah selain gampang dan praktis juga memudahkan pengontrolan bibit mana yang hidup sehingga lebih mudah memastikan jumlah yang bisa ditanam. Selain itu juga proses germinasi terhitung lebih cepat dibandingkan dengan metode penyemaian di tanah biasa.

Baca juga : cara menanam tomat di polybag

cara menanam tomat yang benar
cara menanam tomat yang benar

Demikian cara menyemai bibit tomat yang bisa saya bagikan, silakan dicoba jika dirasa bermanfaat. Semoga kesuksesan menyertai usaha penanaman anda. Salam.

Berlangganan update terbaru via email:

0 Response to "Cara Menyemai Bibit Tomat"

Post a Comment