Cara Mengaplikasikan Nutrisi Hidroponik AB Mix

Nutrisi Hidroponik AB Mix | lintangsore.com
Selamat datang di lintangsore.com, tempat berbagi masalah tanaman dan pengalaman berkebun. Kali ini kita akan membahas tentang nutrisi hidroponik, salah satu unsur esensial di dalam berkebun hidroponik yang umum dipakai oleh para pemula, yaitu nutrisi AB Mix.     
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa nutrisi bagi tanaman hidroponik merupakan faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Nutrisi hidroponik berfungsi sebagai pemasok utama kebutuhan air dan mineral bagi tanaman yang akan menentukan kualitas hasil tanaman hidroponik. Untuk itu pemberian nutrisi pada tanaman hidroponik haruslah dalam takaran yang tepat dari segi jumlah komposisi ion nutrisinya.
Nutrisi hidroponik AB Mix
Nutrisi hidroponik AB Mix

Secara garis besar larutan nutrisi hidroponik dibagi menjadi dua macam, yaitu unsur makro dan unsur mikro.
Yang termasuk dalam golongan unsur makro antara lain: C, H, O, N, S, P, K, Ca, dan Mg, sedangkan unsur mikro terdiri dari: B, Cl, Cu, Fe, Mn, Mo dan Zn. Untuk mengetahui kualitas dari larutan nutrisi umumnya dilakukan dengan cara mengukur electrical conductivity (EC) pada larutan itu.

Nutrisi hidroponik AB Mix merupakan nutrisi hidroponik yang paling banyak ditemui penggunaannya untuk budidaya hidroponik. Jenis pupuk AB Mix itu sendiri bermacam-macam, ada yang khusus untuk tanaman sayur, daun, buah, dan sebagainya. Keunggulan nutrisi hidroponik AB Mix ini adalah pada kelengkapan unsur hara yang terkandung di dalamnya. Kebutuhan hara tanaman terpenuhi dalam nutrisi AB Mix baik yang mikro maupun makro.

Nutrisi AB Mix hidroponik bisa kita dapatkan dengan mudah di toko pertanian sekitar atau belanja online. Harga pupuk AB Mix untuk ukuran 250 gram sekitar Rp. 30.000. Untuk ukuran 1 Kg harganya di kisaran 100 ribu rupiah.

Dalam pembuatan pupuk hidroponik atau nutrisi hidroponik, baik untuk sayuran, batang dan daun, bunga serta buah, dibuat dua jenis pekatan A dan B yang dikemas dalam paketan terpisah. Kedua pekatan tersebut baru dicampur pada saat akan digunakan.

Mengenal Komposisi Nutrisi Hidroponik AB Mix

Berikut ini adalah komposisi yang terdapat pada Nutrisi AB Mix:

Komposisi larutan A
Kalsium nitrat: 1176 gram
Kalium nitrat: 616 gram
Fe EDTA: 38 gram

Komposisi larutan B
Kalium dihidro fosfat: 335 gram
Amnonium sulfat: 122 gram
Kalium sulfat: 36 gram
Magnesium sulfat: 790 gram
Cupri sulfat: 0,4 gram
Zinc sulfat: 1,5 gram
Asam borat: 4,0 gram
Mangan Sulfat: 8 gram
Amonium hepta molibdat: 0,1 gram

Cara Mengaplikasikan Nutrisi AB Mix

cara mencampur pupuk AB Mix
cara mencampur pupuk AB Mix

Pekatan A dan B dalam penyimpanannya tidak dapat dicampur karena apabila kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion sulfat dalam pekatan B akan terjadi reaksi yang menghasilkan endapan kalsium sulfat sehingga unsur Ca dan S tidak dapat diserap oleh akar. Tanaman pun akan menunjukkan gejala kekurangan Ca dan S. Demikian juga apabila kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion fosfat dalam pekatan B, akan terjadi endapan kalsium fosfat, sehingga unsur Ca dan P tidak dapat diserap oleh akar.

Ketika hendak mengaplikasikan nutrisi ABMix, pastikan dulu air yang akan digunakan untuk melarutkan nutrisi tersebut mempunyai pH di kisaran 5,5 - 6. Anda bisa menggunakan kertas lakmus atau alat pengukur pH standar yang harganya cukup murah (dulu sekitar 30 ribu). Hal ini perlu dilakukan karena jika air yang digunakan mempunyai pH 6 ke atas sebagian kation dan anion akan bergabung berubah kembali ke garam biasa dan menjadi endapan. Akibatnya unsur-unsur yang semestinya diserap oleh akar tanaman menjadi tidak bisa diserap. Tapi jika memang tidak mempunyai alat pengukur pH gunakan saja air sumur atau air PAM yang sudah diendapkan semalaman.

Dari nutrisi AB Mix kemasan 250 gram kita bisa membuat pekatan sebanyak 500ml pupuk. Dan larutan sebanyak 500ml tersebut bisa kita campurkan dengan air sebanyak 100 liter air (dengan asumsi setiap 1 liter diberi 5ml pekatan).

Berikut cara membuat larutan nutrisi hidroponik siap pakai
  • Siapkan 2 wadah (ember atau kaleng bekas) dan masing-masing diisi dengan 5 liter air, tandai masing-masing wadah, misalnya wadah A dan wadah B.
  • Isi ember A dengan 4 liter air, buka kemasan nutrisi A yang masih berbentuk serbuk berikut serbuk dalam bungkusan kecil. Setelah larut sempurna tambahkan air hingga larutan menjadi 5 liter. Larutan pekatan A sudah siap.
  • Isi ember B dengan 4 liter air, buka kemasan nutrisi B dan masukkan kedalam ember B sambil diaduk sampai larut. Setelah larut tambahkan air hingga larutan menjadi 5 liter. Larutan pekatan B sudah siap.
  • Siapkan 2 buah jerigen ukuran 5 liter yang sudah dicuci bersih, tandai dengan tulisan jerigen A dan jerigen B. Kedua larutan A dan B tersebut disimpan dalam masing-masing jerigen, yaitu jerigen A untuk larutan pekatan A dan jerigen B untuk larutan pekatan B.
  • Kedua larutan nutrisi A dan larutan nutrisi B diatas adalah larutan yang masih pekat (larutan pekatan) dan belum bisa digunakan. Untuk membuat larutan nutrisi siap pakai, maka larutan pekat tersebut harus diencerkan terlebih dahulu dengan air bersih.

Cara mengencerkan pekatan AB Mix
  • Masukkan 5 ml pekatan nutrisi A dalam 1 liter air bersih, aduk sampai rata. Kemudian masukkan 5 ml pekatan nutrisi B, aduk sampai rata. Larutan ini siap untuk digunakan. Jangan mencampur larutan A dan B yang masih pekat, karena akan membentuk gumpalan atau endapan. Nutrisi yang menggumpal / mengkristal tidak bisa digunakan lagi.
  • Jika ingin membuat 5 liter larutan nutrisi siap pakai, tinggal kalikan saja. Maka dibutuhkan 25 ml larutan pekat A, 25 ml larutan pekat B dan 5 liter air.

Catatan: Pada kemasan pupuk AB Mix tertulis untuk 1000 liter dengan ppm 750. Artinya larutan nutrisi yang anda buat seperti di atas akan menghasilkan larutan dengan ppm 750. Jika anda ingin membuat larutan siap pakai dengan ppm 1500 misalnya, maka anda harus menggunakan takaran dua kali lipatnya. Yaitu 10 ml pekatan A dan 10 ml pekatan B dilarutkan dengan 1 liter air dan akan menghasilkan larutan siap pakai dengan ppm 1500.

Terima kasih sudah membaca sampai tuntas. Semoga ada manfaatnya, baik untuk anda, saya, maupun tanaman kita. Salam sukses.

0 Response to "Cara Mengaplikasikan Nutrisi Hidroponik AB Mix"

Post a Comment