Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berbuah Lebat dan Manis

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau | lintangsore.com
Selamat datang kembali di blog lintangsore.com para calon petani sukses. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menanam dan merawat tanaman jambu air jenis madu deli hijau atau biasa disebut mdh. Akan tetapi teknik atau cara yang akan kita bahas nanti tidak cuma berlaku terbatas pada tanaman jambu madu deli hijau saja, akan tetapi secara umum dapat pula diaplikasikan pada tanaman jambu air jenis lainnya seperti jambu air citra, jambu dalhari, jambu air king rose, jambu madu super green dan berbagai jenis jambu air unggulan lainnya.

jambu madu deli hijau
gambar jambu madu deli hijau
Mungkin pada mulanya anda tertarik untuk membudidayakan jambu air secara tabulampot( tanaman buah dalam pot) karena tertarik melihat tanaman jambu milik teman anda yang berbuah banyak bahkan meskipun pohonnya baru berusia setahunan atau melihat postingan teman yang sukses membuahkan jambu air di pekarangan. Kemudian berikutnya anda membeli bibit jambu air madu untuk kemudian anda tanam di pot atau pekarangan rumah. Hari demi hari berlalu, banyak hal yang sudah anda lakukan untuk merawat tanaman jambu. Tips dan saran teman sudah anda lakukan. Pemupukan dan pengairan terjadwal rutin. Pemangkasan pun sudah anda lakukan sesuai petunjuk, akan tetapi tanaman jambu anda tak kunjung berbuah. Satu dua tahun berlalu akan tetapi tanaman jambu anda tetap saja enggan berbuah.


Kemudian pada suatu hari yang dingin tanaman jambu anda menampak mulai berbunga. Gembira hati bukan alang kepalang. Dilihatnya dibelai setiap hari hingga kelopak-kelopak bunga mulai gugur dan muncullah bakal buah pentil jambu. Tapi tiba-tiba di suatu pagi, anda harus menelan kekecewaan tatkala melihat bakal buah jambu sudah teronggok jatuh tidak jauh dari tangkainya.

Ilustrasi cerita di atas mungkin pernah dialami oleh beberapa pembaca. Termasuk saya juga. Sepertinya semua yang kita lakukan sudah benar, tapi ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan semula.

Menanam jambu air (dan juga tanaman lainnya) ternyata tidaklah sesederhana melihat pada apa yang dilakukan oleh orang lain. Butuh proses, trial and error, ujicoba, gagal, mencoba lagi, berulang kali.
 
tanaman jambu air madu deli hijau
gambar tanaman jambu air madu deli hijau

Begitu banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman jambu air, dan semuanya saling terkait. Menyirami tanaman tiap pagi dan sore hari tidaklah menjamin tanaman akan tumbuh subur. Memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman dengan memberikan pupuk yang bagus saja tidak menjamin tanaman anda akan tumbuh subur dan berbuah banyak.

Berikut ini beberapa faktor mendasar yang perlu diperhatikan agar tanaman jambu air dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • umur tanaman
  • media tanam
  • pemupukan
  • sinar matahari

Berikut ini saya paparkan satu contoh kondisi tanaman jambu air yang sudah berbuah banyak, besar-besar dan rasanya manis; sebagai gambaran untuk merawat tanaman jambu air yang baik:
  • umur tanaman usia 1 tahunan.
  • penyiraman otomatis menggunakan sistim fertigasi tetes. Selain menghemat air, irit tenaga, juga dapat di atur sesuai dengan kebutuhan tanaman.
  • pemupukan dilakukan seminggu sekali menggunakan pupuk farmpion biru.
  • pengenaan sinar matahari mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.
  • buah jambu air madu dibungkus menggunakan bungkus buah heigrow.

Sekali lagi, semua saling terkait dan tak bisa mengabaikan salah satunya. Pupuk yang berkualitas bagus dan mahal belum menjamin pohon jambu air anda dapat subur dan berbuah maksimal. Perhatikan media tanam (ph tanah) juga. Hal ini yang kadang sering terabaikan padahal justru faktor ph tanah ini terkait erat dengan dosis pemupukan dan kemampuan penyerapan nutrisi tanaman. Jika memang diperlukan taburkan kapur dolomit/kapur pertanian untuk menyesuaikan ph tanah pada media tanam.

Lakukan pemangkasan untuk mendapatkan perbanyakan tajuk dan cabang. Selain untuk kecantikan dan keseimbangan tanaman harapannya juga akan diikuti dengan bertambahnya bunga dan bakal buah. Untuk merangsang/menginduksi keluarnya bunga jambu secara serempak dibutuhkan energi yang cukup besar. Padahal untuk mendapatkan energi yang besar, dibutuhkan media tanam yang subur, pemupukan yang tepat, pohon jambu yang vigor (sehat dan subur) serta sinar matahari yang memadai.

Penyebab Bunga Jambu Rontok dan Cara Menanggulanginya.

Pada buah jambu madu diproduksi sejenis hormon yg bertanggung jawab terhadap keselamatan buah. Produksi hormon itu akan berkurang jika tanaman buah jambu kurang sehat, kurang pupuk/hara, telat air ataupun gangguan lainnya.

Jika produksi hormon berkurang, bunga/ buah yg terlanjur terbentuk akan mudah rontok dan gugur karena tumbuhnya kalus pada bagian ujung tangkai buah yang menempel pada cabang/ ranting tanaman.
Kalus adalah kulit baru yg memisahkan tangkai buah dg cabang/ranting tempat ia menempel.

Cara Mengatasi Bakal buah Jambu yang Mudah Rontok

kembang jambu air mudah rontok
gambar kembang jambu air

usahakan agar kondisi tanah/media tanam selalu dalam keadaan lembab (lembab dengan becek/tergenang air itu beda).
berikan pupuk yang diperlukan pada fase itu (sesuaikan dengan kondisi tanaman apakah sedang berbunga/ berbuah).
jika perlu, berikan hormon buatan.

Intinya lakukan sesuai dengan pengetahuan yang sudah anda punyai. Lakukan uji coba dan amati perubahan pada tanaman. Simpulkan sesuai pengamatan dan logika anda. catat hal-hal yang memang perlu dicatat. Saya yakin pada akhirnya nanti anda akan mendapatkan tanamn jambu impian anda yang tumbuh subur, sehat, berbuah banyak dan rasanya manis.
 
Hal lain yang tidak kalah pentingnya, saat tanaman jambu anda selesai berbuah dan sudah dipanen, jangan terus diabaikan tanamannya. Lakukan hal-hal berikut untuk hasil yang lebih banyak dan bagus pada periode panen berikutnya.
  • Dangir tanah di sekitar pohon menggunakan garpu.
  • Taburkan pupuk NPK (16:16:16) 1/4-1/2 kg/pohon.
  • Taburkan juga pupuk kandang satu karung ukuran beras 25 kg.
  • Pangkas habis ranting untuk pembentukan tajuk/cabang yang lebih banyak.

Jika hal di atas sempat anda lakukan maka insyallah tahun depan tanaman jambu madu anda akan lebih maksimal hasilnya.
Demikian beberapa hal tentang masalah menanam pohon jambu madu deli hijau yang bisa saya bagikan. Mohon maaf jika tidak lengkap dan kurang detail. Jika informasi di atas masih kurang, silakan anda baca juga artikel berikut:

Terima kasih sudah berkenan membaca sampai tuntas. semoga ada manfaat yang bisa diambil. Salam.

0 Response to "Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berbuah Lebat dan Manis"

Post a Comment