Tanaman Hias Pengusir Nyamuk dalam Rumah

Tanaman Pengusir Nyamuk | lintangsore.com
Selamat datang di lintangsore.com. Kali ini kita akan membicarakan tentang tanam-menanam tanaman di pekarangan rumah, terutama jenis tanaman pekarangan yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk, di samping juga untuk menghijaukan lingkungan sekitar rumah serta menyegarkan suasana. Tidak menutup kemungkinan jika Anda hidup di perumahan atau pemukiman padat dengan keterbatasan lahan pekarangan, Anda masih tetap dapat menanamnya dengan menggunakan pot ataupun media lain yang memungkinkan.
Geranium atau tapak dara
Geranium atau tapak dara
Beberapa jenis tanaman yang sekiranya sulit didapat tidak saya cantumkan, meskipun mempunyai khasiat mengusir nyamuk yang cukup ampuh. Tanaman-tanaman pengusir nyamuk yang nanti akan kita bahas di bawah adalah jenis tanaman yang banyak terdapat di sekitar tempat tinggal kita dan memungkinkan untuk ditanam dalam pekarangan rumah.

Baiklah mari kita bahas satu persatu, tanaman apa sajakah yang bisa kita tanam untuk mengusir nyamuk yang hendak masuk ke rumah.

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk


1. Daun Pandan
Daun pandan tanaman pengusir nyamuk
Daun pandan : tanaman pengusir nyamuk
Tanaman pandan adalah tanaman yang cukup familiar terutama untuk para Ibu-Ibu yang rajin memasak. Selain sebagai penyedap makanan, daun pandan ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk yang datang ke rumah. Kebetulan di pekarangan rumah cukup banyak saya tanami dengan daun pandan. Sesekali saya memotong 3-5 helai daun pandan berukuran sedang (50 cm), kemudian digunting kecil-kecil dan ditaruh dalam sebuah wadah terbuka. Tempatkan di ruang tamu, kamar tidur atau ruang keluarga, niscaya nyamuk akan enggan berlama-lama di rumah anda. Selain untuk mengusir nyamuk, ternyata aroma potongan daun pandan lumayan enak dijadikan sebagai pengharum ruangan gratis, dan--tentu saja lebih hiegenis.

2. Daun Sirih

Daun sirih tanaman pengusir nyamuk
Daun sirih tanaman pengusir nyamuk
Jaman dulu tanaman pengusir nyamuk ini hampir menjadi tanaman wajib terutama di daerah pedesaaan dikarenakan manfaatnya yang cukup banyak. Salah satu penggunaannya adalah dijadikan sebagai alat "nginang" untuk perempuan sepuh (nenek-nenek). Caranya yaitu daun sirih digelar, diberi tembakau, kapur injet, dan beberapa "bumbu" tambahan lain, kemudian digulung dan dikunyah.
Kegunaan lainnya adalah untuk mencegah digigit nyamuk bagi para perempuan yang kerja di sawah/pergi ke kebun, dengan cara membalurkan daun sirih yang sudah ditumbuk halus  dan diberi sedikit air ke anggota badan seperti tangan, kaki dan leher.

3. Kemangi

 kemangi tanaman pengusir nyamuk
Kemangi tanaman pengusir nyamuk
Pernahkah Anda makan nasi kotak dari catering? Untuk ukuran sederhana, umumnya berisi nasi, lauk, sayur dan lalapan. lalapan yang paling banyak saya ketahui digunakan dalam nasi kotak adalah potongan kol, irisan mentimun dan daun kemangi!
Beberapa teman saya memakan semuanya, tetapi untuk saya sendiri lebih sering memakan kol dan mentimunnya saja, sedangkan daun kemangi saya gunakan sebagai bilasan mencuci tangan untuk menghilangkan bau amis di tangan.
Nah, selain digunakan sebagai lalapan ternyata kemangi juga dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk lho. Aromanya cukup khas dan bisa dimanfaatkan sebagai deodorant alami.

4. Selasih

Daun selasih tanaman pengusir nyamuk
Daun selasih tanaman pengusir nyamuk

Tanaman selasih mirip dengan tanaman kemangi, bahkan sering disebut sebagai kemangi wulung karena bunga dan batangnya berwarna ungu.
Daun, bunga dan biji tanaman selasih dapat dimanfaatkan sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Selasih memiliki kandungan bahan Eugenol, Linalool dan Geraniol yang dikenal sebagai zat penolak serangga, sehingga zat-zat tersebut juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Bau daun selasih tercium sangat tajam, bahkan jika tercium agak lama atau disimpan dalam ruangan dapat mengakibatkan rasa mual, pening dan bisa memabukkan.


5. Rosemary

Rosemary tanaman pengusir nyamuk
Rosemary: tanaman pengusir nyamuk

Tanaman Rosemary mempunyai aroma seperti minyak telon dan tidak disukai oleh nyamuk karena dapat mengacaukan penciumannya. Tanaman pengusir nyamuk yang satu ini cocok ditanam dalam pot atau di tanah dekat jendela maupun dekat pintu. Perawatannya mudah, dan tahan terhadap serangan hama. Untuk penggunaannya, ambil daun rosemary yang berbentuk jarum kemudian gosokkan ke kulit tangan, kaki, atau leher.

6. Lavender

Lavender tanaman pengusir nyamuk
Lavender: tanaman pengusir nyamuk

Bunga Lavender mempunyai tampilan yang cukup menarik. Bunganya berwarna ungu kecil-kecil dan bergerombol diujung tangkainya. Sedangkan aromanya dapat membuat nyamuk tidak betah. Bunga Lavender dikategorikan tanaman pengusir nyamuk karena mengandung 2 zat yang tidak disukai oleh nyamuk yaitu Zat Linalool dan Zat Lynalyl Acetate. Kedua zat inilah yang dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat anti nyamuk. Selain sebagai tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, minyak ekstrak bunga lavender sering digunakan sebagai bahan aroma therapy, bahan kosmetik dan minyak esensial.

7. Serai Wangi

Serai wangi tanaman pengusir nyamuk
Serai wangi: tanaman pengusir nyamuk

Umumnya orang-orang menggunakan serai wangi di saat hari raya idul Adha maupun idul fitri sebagai penyedap masakan terutama yang mengandung daging. Selain itu, serai wangi juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk karena di dalam tanaman ini terdapat zat sitronela dan geraniol yang tidak disukai oleh nyamuk. Cara menanamnya pun mudah. Perawatannya juga gampang.

Itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa anda budidayakan di pekarangan rumah anda. Meski khasiat dan kegunaannya dalam mengusir nyamuk tidak semuanya efektif, tetapi setidaknya ada manfaat lain yang bisa anda dapat dari menanam jenis tanaman di atas. 
Demikian yang bisa saya bagikan. Terima kasih sudah berkenan membaca sampai tuntas, semoga ada manfaat yang bisa didapat.

tags:
tanaman yang disukai nyamuk
tanaman pengusir nyamuk di kamar
tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah
tanaman pengusir nyamuk paling ampuh
tanaman pengusir lalat
tanaman pengusir nyamuk alami
tanaman pengusir tikus

3 Responses to "Tanaman Hias Pengusir Nyamuk dalam Rumah"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. ternyata daun pandan,sereh,sirih,kemangi bisa untuk pengusir myamuk alami aku baru tahu tuh,thanks info nya gan

    ReplyDelete
  3. terimakasih sangat bermanfaat sekali, jadi banyak tahu nih. kebetulan daerah saya banyak sekali nyamuk.
    visit my blog : informasi berita dan pengetahuan terkini

    ReplyDelete