Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Membuat Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Agar Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat | Lintangsore.Com
Selamat datang para pekebun sukses di blog tempat berbagi masalah seputar pertanian dan berkebun. Kali ini saya akan bagikan pengalaman teman saya tentang teknik membuat pohon mangga yang sulit berbuah agar mau berbuah lebat.




Bagaimana cara supaya pohon mangga cepat berbuah

Syarat pertama dan utama agar nanti pohon mangga anda cepat berbuah adalah :

- Beli bibit cangkokan yang paling cepat berbuah karena mendapat sifat dari induknya, jadi mirip kloning induknya.
Kalau teknik di atas gagal silahkan lakukan teknik berikut:

Teknik Pertama membuat pohon mangga agar mau berbuah

Keluarkan Getah Pohon Mangga sebanyak-banyaknya dengan membuat Sayatan selebar 2cm melingkar pada batang pohon Mangga atau pohon buah lainnya, lakukan sayatan seperti kalau kita mau mencangkok, sehingga getahnya banyak yang keluar, sayat dan kupas batang pohon tersebut selebar 2-3 cm melingkar diatas permukaan tanah 5cm.

DIJAMIN pasti lebat buahnya... TAPI INGAT!!!,
Mangga adalah buah musiman, jadi buat guratan melingkar pada batang pohon pada saat musim Mangga (saat ini anda bisa mencoba karena tepat musimnya bulan Juli Agustus. cobalah segera, Insya'Allah dalam kurun waktu 2 (dua) minggu muncul bunganya.

Setelah itu di sekitar pohon tersebut dibuatkan kubangan melingkar diameter 1 Meter untuk menampung air, setelah dua hari timbun sayatan tersebut dengan tanah setelah getah sudah banyak yang keluar. dan jangan lupa dipupuk juga dengan pupuk organik atau anorganik (pupuk kimia/NPK) atau jenis lainnya yang untuk bunga/bakal buah, bisa ditanyakan pada toko yang jualan pupuk disekitar rumah anda.




Bakal Buah
Sebetulnya teknik ini saya lakukan dengan tidak sengaja karena awal mulanya/tujuan utama saya waktu itu mau mencangkok pohon tersebut sebanyak 2 batang, seminggu kemudian batang yang mau saya cangkok batangnya tumbuh bunga, sedangkan batang lainnya tidak berbunga, nggak jadi dech dicangkok... akhirnya saya coba sayatan di batang paling bawah pada pohon tersebut sekitar 3-5 cm diatas permukaan tanah, setelah kurun waktu 2 (dua) minggu lamanya, LUAR BIASA SEKARANG BUNGANYA dan sudah menjadi bakal buah, padahal POHON MANGGA ini sudah EMPAT TAHUN lebih tidak pernah berbuah..... sejak TIGA TAHUN YANG LALU HANYA sekali saja berbuah ... Alhamdulillah sekarang mulai berbunga dan akan berbuah kembali.


Bakal Buah yg tumbuh subur

Artikel terkait:
  1. Memilih Jenis Jambu Air Terbaik untuk Dibudidayakan
  2. Mengatasi pohon Kelengkeng Yang Sulit Berbuah
  3. Penyebab Bunga/Bakal Buah Mudah Rontok dan Cara Mengatasinya 
  4. Teknik Membuat Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat

Teknik kedua agar pohon mangga anda berbuah lebat

Kira-kira 3-5 cm dari permukaan tanah, batang utama dibor dengan diameter sebesar pensil. INGAT..... , bor ini sampai tembus ya, kemudian diisi dengan kayu atau pensil kayu. atau sayatan bambu dibentuk bulat panjang.
Pada prinsipnya ini sama dengan membuat guratan tadi, tapi lebih effisien, karena cairan akan keluar dari tekanan akar yang lebih daripada guratan. Ini menstimulasi kembang / bunga.

 CARA LAIN,
Pohonnya dipaku. Tusuk POHON DENGAN PAKU dan biarkan disitu.

Selain batangnya dilukai (kurang efektif hasilnya), bisa juga dipupuk NPK sebulan sekali pupuknya dibenamkan di tanah dengan jarak sekitar 20 cm dari batang utama, dengan kedalaman sekitar 10 cm, lalu disiram air agar pupuk cepat diserap tanaman. dan dibuatkan kubangan melingkar dibatang/pohon tersebut untuk menampung air.



Sedang berbunga, Sebagian sudah menjadi bakal buah

SELAMAT MENCOBA.
LAKUKAN PADA POHON YANG JARANG BERBUAH .. SEBAGAI BUKTI BAHWA TEORI INI BENAR DAN TELAH TERBUKTI emang sudah terbukti di halaman rumahku. 2 pohon Mangga MANALAGI dan MANGGA GADUNG sedang berbunga lebat, sekarang bakal buahnya sudah sebesar biji kacang yang mana pohon ini sudah hampir 4 tahun TIDAK PERNAH berbuah sama sekali SEKARANG tinggal menunggu hasilnya.


tumbuh bakal buah Mangga Gadung

disekitar pohon bikin kubangan berbentuk lingkaran
untuk menampung air

Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:
Agar Mangga Cepat Berbuah
Rahasia Agar Tanaman Berbuah Sepanjang Tahun
Teknik paku pada buah mangga
Bibit Mangga Kio Jay
Bibit Mangga Harum Manis Super

16 komentar untuk "Teknik Membuat Pohon Mangga Cepat Berbuah Lebat"

  1. the tree is the source of oxygen for humans and humans occasionally do was cut down trees carelessly , but planting a tree was just as much
    http://www.sanadomino.com

    BalasHapus
  2. the tree is the source of oxygen for humans and humans occasionally do was cut down trees carelessly , but planting a tree was just as much
    http://www.sanadomino.com

    BalasHapus
  3. Bunga mangga sangat lebat tetapi tdk pernah jd buah yg memadai . Bagaimana caranya agar bunga tdk rontok /gugur pak ?..terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Bunga mangga sangat lebat tetapi tdk pernah jd buah yg memadai . Bagaimana caranya agar bunga tdk rontok /gugur pak ?..terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. daun dan bunga disemprot dengan menggunakan pupuk gandasil B ( baca aturan pakai )

      Hapus
  5. Kayak nya gampang ya Mempraktekin cara tersebut. Kami juga ingin berbagi informasi Nih cara Mencangkok pohon mangga dengan cepat, tepat dan mudah

    BalasHapus
  6. Terima kasih banyak .....

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak .....

    BalasHapus
  8. Terima kasih admin,,, audah iklas berbagi pengalaman,,, saya punya dua pohon, satu mangga dua rambutan,, akan dicoba

    BalasHapus
  9. mohd firdaus bin mohd sukri5 Jul 2017 08.51.00

    saya nak beli anak pokok mangga epal berapa harganya 019-9245479 sila hubungi saya skrg juga assalamualaikum.

    BalasHapus
  10. Terims kadih infonya gan. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. saya menanam mangga arum manis di daerah garut , tanaman mangga saya banyak bunganya dan sudah ada buahnya kecil tapi buahnya itu sekarang busuk , bagaimana caranya agar tanaman mangga saya dpt menghasilkan buah

    BalasHapus
    Balasan
    1. pupuk berimbang dan penggunaan pestisida sesuai serangan hama dan penyakit

      Hapus
  12. As.wr .wb mau tanya pohon sawo saya udah 3 tahun tp blum ada buahnya

    BalasHapus
  13. Betul banget... mangga saya 10 tagunan gak berbuah dicuekin aja cuma sebagai peneduh halaman akhirnya iseng saya kulit batang saya serat pisau sekeliling 2 tingkat terus saya semprot pupuk buah dan tanah sekeliling pohon saya tabur npk sambil saya do'ain teruscsaya aja ngomong pohonnya supaya berbuah... eh 7 bulan kemudian berbuah subur banyak dan manis ... cuma sayangnya kecil kecil dan dagingnya sedikit dan bijinya besar... jadi tetangga banyak yg gak terlalu suka dikasih mangga 😀 gimana ya cara pupukin supaya dagingnya tebal dan bijinya kecil ?

    BalasHapus